2 Desember 2010

Yayasan Pendidikan Al-Chasanah

Tegakan Ajaran Islam Lewat Pendidikan

Perpaduan antara ilmu agama dan ilmu dunia yang seimbang melahirkan manusia berkarakter mulia sekaligus pandai. Meski berlomba dengan kencangnya laju modernitas, semangat untuk terus menegakan ajaran Islam tak sedikit pun boleh padam.

Yayasan Pendidikan Al-Chasanah murni merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yayasan pendidikan, atau yang tepatnya berbentuk sekolah ini membangun institusi pendidikan berbasis Islam dengan landasan tauhid. Artinya, sekolah yang berlokasi di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat ini dibuat untuk menanggulangi materialisme pendidikan dengan tidak mengesampingkan unsur kualitas.
Dijelaskan oleh Koordinator Pendidikan Yayasan Al-Chasanah, H.M. Joesoef Effendi, dalam proses belajar mengajar, Al-Chasanah berpegang pada Islam dengan orientasi pada peningkatkan mutu sumber daya manusia, cita-cita Proklamasi dan UUD’45.

Yayasan Pendidikan Al-Chasanah merupakan yayasan yang bergerak membantu pemerintah dalam bidang pendidikan di wilayah NKRI. Pada tahun 1961, keluarga besar Chasanah memulai sekolah ini dari keluarga besarnya sendiri yang ke depannya menjadi cikal bakal Yayasan Al-Chasanah.

Program unggulan dari sekolah ini adalah penerapan Akhlaqul Karimah. Dengan artian, kurikulum berbasis agama bukan cuma tertulis, tetapi juga terkonsentrasi secara nyata pada penerapannya, baik pada setiap murid, guru, bahkan orangtua murid. Mereka harus menerapkan Akhlaqul Karimah ketika mulai menginjakkan kaki di sekolah ini.

Akhlaqul Karimah sendiri, jelas Joesoef, di antaranya adalah berakhlak, berakal, dan beramal. “Inilah program unggulan pendidikan Al-Chasanah. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum nasional dari Diknas yang banyak menitikberatkan pada agama Islam sebagai landasan kurikulum. Dan dalam setiap pengajarannya, kami senantiasa menumbuhkan kesadaran sendiri kepada anak didik,” tukas Joesoef lagi.

Yayasan pendidikan Al-Chasanah memiliki 5 jenjang pendidikan, yakni TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Pendidikan dengan basis ajaran Islam diterapkan di masing-masing jenjang.

“Akhlaqul karimah adalah ciri khas pendidikan di sekolah Al-Chasanah. Hal ini dilandasi perilaku Nabi Muhammad SAW yang wajib dijadikan teladan oleh umat muslim,” ujar Joesoef menambahkan.

Dikutip dari Q.S Al Ahzab ayat 21, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang-orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

Ajaran-ajaran Islam yang jadi acuan utama tidak semata hanya menjadi slogan. Semua aspek yang terlibat di sekolah Al Chasanah, mulai dari siswa, guru, karyawan, orangtua murid, hingg ke jajaran para pimpinan wajib menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dengan sebaik-baiknya. “Yang paling sederhana, di lingkungan sekolah kami membiasakan kepada siapa pun untuk memulai suatu pekerjaan dengan mengucap basmalah dan mengakhirinya dengan ucapan hamdalah,” terang Joesoef.

Lebih jauh Joesoef menjelaskan, pendidikan yang seimbang antara agama dan ilmu pengetahuan umum juga diperhatikan oleh sekolah Al-Chasanah. Menurut Joesoef, seorang anak didik akan berguna di masyarakat manakala memiliki ilmu dunia dan agama yang sebanding. “Ilmu pengetahuan wajib diimbangi dengan moral dan akhlak yang mulia,” ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger