2 Desember 2010

Majelis Taklim Ass Sajadah Regency Melati Mas

Kombinasi Agama dan Sosial

Berawal dari pengajian ibu-ibu yang dilakukan dari rumah ke rumah, pada 2004 lalu dibentuklah Majelis Taklim Ass Sajadah berbarengan dengan didirikannya masjid dengan nama yang sama di bilangan Regency Melati Mas Blok SR, Serpong.

Majelis Taklim (MT) merupakan salah satu cara yang lazim digunakan sebagai sarana menjalin silaturahmi bagi umat muslim. Meski kegiatan utamanya adalah mengaji, bukan mustahil hubungan perasaudaraan dapat dieratkan.

“Pengajian sebenarnya telah dimulai sejak lama, kini anggotanya lebih dari 60 orang,” ujar Rahma Sunaryo, Ketua MT Ass Sajadah. Majelis taklim ini sendiri tergolong sangat aktif dalam mengadakan kegiatan, terutama yang berhubungan dengan keagamaan dan sosial.

Para anggota MT Ass Sajadah rutin menggelar pengajian dua kali seminggu, yakni hari Senin dan Kamis. Dimulai sejak pukul 10 pagi, acara pengajian ini ditutup dengan mengadakan shalat Dzuhur berjama’ah. Selain itu, ada juga pengajian bulanan dengan menghadirkan pembicara dari luar. Pengajian bulanan ini tak hanya diikuti oleh anggota MT Ass Sajadah saja, melainkan juga warga lain yang datang dari Serpong dan sekitarnya. Menariknya lagi, saban hari Sabtu dan Minggu, majelis taklim yang satu ini mengadakan pengajian bersama, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu. Pengajian ini digelar sebelum subuh dan juga diakhiri dengan shalat berjama’ah.

Dari segi kegiatan sosial, MT Ass Sajadah ini kerap mengadakan santunan bagi anak yatim piatu, terutama yang berasal dari daerah Melati Mas, Serpong dan sekitarnya. Terkadang anak yatim piatu ini juga diajak berwisata.

Sementara itu, setiap bulan Ramahdan, majelis taklim ini pun selalu mengundang anak yatim ke masjid Ass Sajadah. “Salah satu inti dari kegiatan majelis taklim ini adalah untuk saling membantu dan berbagi,” ujar Rahma.

Di samping itu, MT Ass Sajadah ini juga kerap diundang ataupun mengundang dan bekerjasama dengan beberapa rumah sakit mengadakan kegiatan, baik talkshow kesehatan maupun kegiatan lainnya. “Dengan bekerjasama dengan rumah sakit, pengajian maupun arisan kami diselingi dengan talkshow maupun seminar kesehatan. Ini tentu menambah wawasan kami,” tutur Rahma menutup perbincangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger